Info Penyakit Berbahaya Yang Sering Di Alami Oleh Manusia

Info Penyakit Berbahaya. Diberdayakan oleh Blogger.

Flu Singapura Mengancam Anak-Anak

Flu Singapura Mengancam Anak-Anak - Flu memang sering menyerang pada manusia, terlebih pada anak-anak. Terlebih jika bukan hanya flu biasa yang menyerang, namun yang disebut flu singapura. Flu singapura banyak menyerang anak-anak karena antibodi dan imunitas mereka lebih lemah dibandingkan orang dewasa.

Flu Singapura Mengancam Anak-Anak
Flu Singapura

Flu Singapura

Flu singapura atau yang dikenal dengan Hand Foot  Mouth Disease (HFMD) yang disebabkan oleh sejenis coxsackie virusn. Dan flu ini sebenarnya sudah muncul sejak 1996 dan berasal dari Singapura. Pada tahun 2000 flu ini sempat mewabah di Singapura.

Flu Singapura Berdasarkan Gejalanya

  • Demam tidak tinggi selam 2-3 hari , >39,0 C
  • Nyeri menelan
  • Muncul sariwan
  • Tidak nafsu makan
  • Muncul bintik-bintik kemerahan yang tidak gatal pada telapak tangan, kaki (terkadang berisi cairan)
    Jika gejala ini muncul diharapkan ibu waspada dengan flu singapura, walaupun flu ini tidak mematikan, namun masyarakat harus tetap waspada.

Flu Singapura Apakah Menular?

flu ini disebabkan oleh virus, oleh karena itu flu ini dapat menular. Untuk mencegah penularan sebaiknya anak yang menderita flu ini jangan berinteraksi dengan teman-temannya terlebih dahulu.

Flu Singapura Terapi Dan Pengobatannya

Walaupun tanpa pengobatan flu ini akan sembuh dengan sendirinya 7-10 hari didukung dengan kondisi tubuh yang baik. Namun akan lebih baik jika gejalanya ditemukan pada anak, segera bawa anak ke fasilitas kesehatan terdekat. 

Untuk menghilangkan bintik merah pada telapak tangan atau kaki bisa digunakan VCO (Virgin Coconut Oil) atau minyak kelapa yang dioleskan pada bagian yang ada bintiknya. Karena flu singapura ini belum ada antibiotik khusus untuk mengatasi virus ini, maka yang dapat mengatasi virus ini adalah tubuh kita sendiri. Dengan memperbanyak asupan makanan bergizi.

Flu Singapura Cara Mencegah Penularannya

Seperti halnya virus lainnya, virus penyebab flu ini dapat menular melalui ludah, ingus, air liur, tinja, dan cairan tubuh lainnya. Selain penularan secara langsung, flu ini juga dapat menular secara kontak tidak langsung. Dapat melalui handuk, peralatan makan, baju, mainan yang telah terkontaminasi. Oleh karena itu biasakan pada anak untuk cuci tangan sebelum makan.
semoga bermanfaat…

Related : Flu Singapura Mengancam Anak-Anak

0 Komentar untuk "Flu Singapura Mengancam Anak-Anak"