Info Penyakit Berbahaya Yang Sering Di Alami Oleh Manusia

Info Penyakit Berbahaya. Diberdayakan oleh Blogger.

Gagal Ginjal Akut: Gejala Dan Pengobatannya

Gagal Ginjal Akut: Gejala Dan Pengobatannya - Gagal ginjal akut adalah salah satu bagian dari penyakit gagal ginjal yang sangat berbahaya. Kemungkinan terburuk dari pengidap penyakit gagal ginjal akut adalah kematian bagi penderitanya. Oleh sebab itu penanganan penyakit ini sejak dini adalah cara terbaik untuk pencegahan lebih berkembangnya penyakit ini.


Gagal Ginjal Akut: Gejala Dan Pengobatannya
Gagal Ginjal Akut


Gagal Ginjal Akut

Dengan kata lain dengan mengetahui gejala penyakit ginjal ini sejak dini dimungkinkan hidup penderita bisa diselamatkan. Dari pada itu kami sengaja membuat artikel khusus yang mengulas secara detail informasi mengenai penyakit ini. Yang kami harapakan dengan memberikan informasi secara lebih mendetail akan dapat mengurangi presentase kematian dari penderita yang difonis terserang gagal ginjal akut.

Gagal Ginjal Akut, Penyakit Apa Sih?

Gagal ginjal akut adalah sebuah penyakit yang diakibatkan oleh kemunduran kemampuan ginjal dalam melakukan pembersihan darah dan bahan – bahan racun zat kimiawi yang menyebabkan penimbunan limbah metabolik di dalam urea atau darah seseoarang dengan cepat. 

Penyakit ini disebabkan oleh berbagai keadaan yang umumnya karena berkurangnya aliran darah menuju ginjal, kemudian penyumbatan aliran pada saluran kemih setelah meninggalkan ginjal, serta terjadinya trauma pada ginjal, sehingga fungsi dari ginjal mengalami penurunan secara drastis. Langsung saja anda lihat penyebab utama gagal ginjal akut pada tabel berikut untuk mengetahui penyebab – penyebab secara lebih terperinci.

Masalah
Berkurangnya aliran darah ke ginjal

Penyebab 

  • Kekurangan darah akibat perdarahan, dehidrasi atau cedera fisik yg menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah
  • Daya pompa jantung menurun (kegagalan jantung)
  • Tekanan darah yg sangat rendah (syok)
  • Kegagalan hati (sindroma hepatorenalis)

Masalah
Penyumbatan aliran kemih

Penyebab

  • Pembesaran prostat
  • Tumor yg menekan saluran kemih

Masalah
Trauma pada ginjal

Penyebab

  • Reaksi alergi (misalnya alergi terhadap zat radioopak yg digunakan pada pemeriksaan rontgen)
  • Zat-zat racun
  • Keadaan yg mempengaruhi unit penyaringan ginjal (nefron)
  • Penyumbatan arteri atau vena di ginjal
  • Kristal, protein atau bahan lainnya dalam ginjal

Gagal Ginjal Akut Menurut Gejalanya

Gejala yang timbul karena penyakit ini bergantung pada seberapa beratnya kegagalan ginjal dalam melaksanakan tugasnya, atau dengan kata lain dipengaruhi oleh progresivitas penyakit itu sendiri. Keadaan tertentu yang menyebabkan kerusakan ginjal kadang menghasilkan gejala – gejala yang tergolong tidak berhubungan dengan ginjal. Misalnya demam tinggi, syok, gagal jantung dan kegagalan hati dalam melaksanakan tugasnya, dan kadang malah bisa lebih serius gejala gagal ginjal daripada kegagalan ginjal itu sendiri.

Keadaan lain yang menyebabkan gagal ginjal akut yang juga akan mempengaruhi bagian tubuh lainnya adalah Granulomatosis Wegener yang bisa menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah pada ginjal serta pembuluh darah pada paru – paru sehingga penderita akan mengalami batuk darah. Serta Hidronefrosis yang bisa menyebabkan gagal ginjal akut karena adanya penyumbatan aliran kemih. Arus balik dari kemih dalam ginjal akan menyebabkan daerah yang mengumpulkan kemih (Pelvis Renalis) menjadi teregang, sehingga akan menimbulkan nyeri, dan pada 10% penderita tercatat bahwa kemihnya mengandung darah karenanya.

Gagal Ginjal Akut Berdasarkan Diagnosanya

Salah satu tanda yang patut dicurigai sebagai akibat gagal ginjal akut apadah berkurangnya air kemih seseorang. Pada pemeriksaan darah akan menunjukkan adanya kadar urea dan kreatinin yang mengalami lonjakan, serta gangguan metabolik.

Pada pemeriksaan fisik akan dilakukan penilaian ginjal terlebih dahulu apakah terdapat pembengkakan pada ginjal atau tidak. Penyempitan pada arteri karena ada pembekakan tersebut akan memberikan tanda saat diadakan pemeriksaan menggunakan stetoskop.

Pada pemeriksaan laboratorium akan dilakukan pemeriksaan pada air kemih yang nantinya akan menjadi dasar informasi penyebab dan seberapa berat gagal ginjal yang dialami penderita. Jika penyebab dikarenakan kekurangan alirah darah yang menuju ginjal, maka air kemih akan tampak normal. Namun jika penyebabnya adalah kelainan pada ginjal, maka air kemih akan menunjukkkan tanda adanya kandungan darah pada air kemih dan adanya protein tertentu yang tidak ada pada air kemih ketika dalam keadaan normal.

Diagnosa lain yang akan dilakukan adalah Angigografi atau pemeriksaan rontgen pada arteri dan vena, hal ini dilakukan jika adanya praduga penyebabnya adalah penyumbatan pembuluh darah.

Gagal Ginjal Akut, Bagaimana Pengobatannya?

Pengobatan pada gagal ginjal akut bisa dilakukan dengan menemukan terlebih dahulu penyebabnya, kemudian memusatkan pengobatan pada misi mencegah penimbunan cairan dan limbah metabolik yang berlebihan.

Membatasi asupan cairan dan disesuaikan dengan volume air kemih yang dikeluarkan dengan cara menganjurkan penderita untuk menjalani diet kaya karbohidrat, rendah protein serta natrium dan kalium.

Memberikan Antibiotik untuk mencegah terjadinya infeksi, kemudian memberikan Furosemid untuk meningkatkan jumlah cairan yang akan dibuang oleh ginjal. Serta memberikan Dopamine untuk meningkatkan perfsi dan mengurangi reabsorbsi sodium.

Penderita juga akan menjalani dialisa yang berguna untuk membuang kelebihan cairan dan limbah metabolik. Dengan dealisa ini penderita akan merasa lebih mudah dalam mengendalikan gagal ginjalnya. Serta dengan menjalani dealisa ini, harapan hidup penderita akan lebih panjang.

Sampai disini dulu pembahasan kita, semoga kita tetap sehat dalam lidungan-Nya. Jika anda merasa bahwa artikel kami sangat bermanfaat bagi sebagian besar orang, silahkan anda share artikel kami kali ini, karena kami juga berharap lebih banyak lagi orang yang mau lebih perhatian lagi terhadap kesehatannya. Semoga artikel kami kali ini menjadi salah satu referensi terbaik semua elemen masyarakat untuk mengetahui secara setail informasi penyakit gagal ginjal akut.

Related : Gagal Ginjal Akut: Gejala Dan Pengobatannya

0 Komentar untuk "Gagal Ginjal Akut: Gejala Dan Pengobatannya"